User Image
User Image
Artikel | Paguyuban Pasundan Gelar Peringatan Deklarasi Djuanda Ke-58

Paguyuban Pasundan Gelar Peringatan Deklarasi Djuanda Ke-58

admin Sabtu, 22 Oktober 2016
  • 14:28:54
  • 309


    Sumber [Pasoendan.Com] – Paguyuban Pasundan menggelar acara peringatan Deklarasi Djuanda ke 58 di Aula Mandala Saba Ir.Djuanda Pasca Sarjana Universitas Pasundan, Jalan Sumatera 41 Bandung, Sabtu (12/12).

    Ketua umum Pengurus Besar (PB) Paguyuban Pasundan, Prof. Dr. HM. Didi Turmudzi, M.Si mengatakan, peringatan Deklarasi Djuanda merupakan salah satu agenda rutin yang setiap tahun diadakan oleh Paguyuban Pasundan.

    Didi berharap, acara peringatan Deklarasi Djuanda tidak hanya menjadi agenda rutin di lingkungan Paguyuban Pasundan saja, tapi juga menjadi sebuah momentum yang rutin diperingati oleh pemerintah di segala tingkatan.

    “Peringatan Deklarasi Djuanda kali ini menitikberatkan pada desakan agar pemerintah pusat dan daerah beserta segenap parlemen yang menyertainya melakukan revitalisasi peran Deklarasi Djuanda bagi keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Didi.

    Hal senada diutarakan Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Deddy Mizwar, yang turut menghadiri acara peringatan tersebut. Menurut Deddy, Deklarasi Djuanda merupakan proklamasi kesatuan aset kewilayahan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjadi simbol kesatuan wilayah serta kedaulatan laut Nusantara. Memperingati Deklarasi Djuanda dapat menghadirkan semangat untuk mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

    Acara peringatan Deklarasi Djuanda ke-58 ini dipungkas oleh pembacaan naskah Deklarasi Djuanda oleh Sekretaris Jenderal PB Paguyuban Pasundan, Dr. H. Dedi Hadian.

    Selain dihadiri oleh segenap Pengurus Besar Paguyuban Pasundan, acara peringatan ini juga turut dihadiri oleh Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) Prof. Kadarsah Suryadi dan Tokoh Jawa Barat Dr (HC) Tjetje H Padmadinata.

    Adhyatma